Inmarc’s News

17, Februari, 2008

CONTOH PENELITIAN : Analisis content analysis terhadap tulisan-tulisan berita tentang motor

Filed under: Komunikasi — inmarcomm @ 2:18 pm

TOPIK PENELITIAN 

A.      Latar belakang

  1. Ingin mengetahui apakah tulisan-tulisan tentang motor di MOTORPLUS kalah dari OTOMOTIF.
  2. MOTORPLUS sebenarnya sudah lebih dulu memuat, baru disusul oleh OTOMOTIF.
  3. OTOMOTIF selalu seperti mengikuti gaya dan angle MOTORPLUS à seharusnya MOTORPLUS variatif dan inovatif, sehingga tidak bisa ditebak dan diikuti.

B.      Identifikasi Masalah

a.       Apa yang dimaksud dengan “kalah” à tulisan di MOTORPLUS selalu kalah pamor dibandingkan tulisan OTOMOTIF.

b.      Sebenarnya apa gaya dan angle-nya MOTORPLUS. Apakah ada panduan? à tidak ada.

c.       Apa yang dimaksud variatif dan inovatif? à tidak tahu. Rasa-rasanya, kurang variatif.

C.      Perumusan Masalah

a.       Sejauh mana gaya penulisan dan angle tulisan tentang motor di MOTORPLUS berbeda dari gaya penulisan dan angle tulisan di OTOMOTIF.b.      Apa bukti yang dapat ditemukan untuk menyatakan bahwa OTOMOTIF lebih baik dari MOTORPLUS dalam gaya penulisan dan angle tulisan tentang motor

D.      Tujuan Penelitian

  1. Mengukur perbedaan gaya penulisan dan angle tulisan tentang motor.
  2. Menemukan bukti keunggulan OTOMOTIF dalam gaya penulisan dan angle tulisan motor

E.      Unit Analisis

  1. Sampling  yang diambil adalah : Tulisan tentang motor
Di OTOMOTIF berada dirubrik ::01.     Modifikasi02.     Komparasi03.     OTOsport – khusus motor04.     OTOtips – khusus motor05.     Cover story – khusus motor Di MOTORPLUS serupa dengan OTOMOTIF:01.     Modifikasi02.     Motorguide03.     Sport04.     Tips

  1. Aneka tulisan yang dianalisis :

ü      “Tulisan tentang modifikasi, komparasi, sport, tips, dan isu utama tentang motor”ü      “Tulisan panjang” à mengulasü      “Tulisan pendek” à memberi informasi.

  1. Recording Units
Judul tulisan Kata-kata dan kalimat yang terdapat di atas tulisan
Anak judul Kata-kata atau kalimat yang di atas judul
Foto, inset, ilustrasi Semua unsur visual di dalam tulisan.
Lead, body, ending Lead – satu alinea pertamaEnding – satu alinea terakhirTubuh – sisanya.
Caption Tulisan di bawah foto.
Sumber yang dikutip Orang, tokoh, dokumen yang dirujuk.
Pengalimatan (fraselogi) Panjang-pendek kalimat, ada-tidaknya anak kalimat.
Kosakata Kata-kata khusus yang dipakai.
Gaya penyampaian Bergaya formal, atau informal
Tema Gagasan yang ingin disampaikan
Topik Isu-isu yang disajikan.

  1. Context tulisan dalam kemudahan dibaca dan dipahami, kejelasan pikiran penulis.
Judul tulisan Kata-kata dan kalimat yang terdapat di atas tulisan Jelas, mudah dipahami, menarik
Anak judul Kata-kata atau kalimat yang di atas judul Mendukung judul
Foto, inset, ilustrasi Semua unsur visual di dalam tulisan. Sesuai dengan judul, atau isi
Lead, body, ending Lead – satu alinea pertamaEnding – satu alinea terakhirTubuh – sisanya. Jelas, mudah dipahami
Caption Tulisan di bawah foto. Jelas, sesuai dengan foto
Sumber yang dikutip Orang, tokoh, dokumen yang dirujuk. Relevan, membantu kejelasan tulisan
Pengalimatan (fraselogi) Panjang-pendek kalimat, ada-tidaknya anak kalimat. Jelas, mudah dipahami
Kosakata Kata-kata khusus yang dipakai. Jelas, mudah dipahami
Gaya penyampaian Bergaya formal, atau informal  
Tema Gagasan yang ingin disampaikan  
Topik Isu-isu yang disajikan.  


 

F.      Variabel yang menjadi ukuran dalam penelitian ini :

Label Dimensi Indikator Ukuran
Judul tulisan Kata-kata Rangkaian huruf yang membentuk makna. Jelas:          Merujuk ke satu makna.          Tidak salah tulis.          Baku atau tidak. Nominal “ya” “tidak”
Kalimat Rangkaian kata diakhiri dengan tanda baca. Bermakna ganda:          Mengandung satu maka,          Kaidah bahasaMenarik:          Menimbulkan rasa ingin tahu.          Asosiasi yang imajinatif Nominal Ordinal:menarik, cukup, tidak menarik.
Anak judul Kata-kata atau kalimat yang di atas judul Mendukung judul
Foto, inset, ilustrasi Semua unsur visual di dalam tulisan. Sesuai dengan judul, atau isi
Lead, body, ending Lead – satu alinea pertamaEnding – satu alinea terakhirTubuh – sisanya. Jelas, mudah dipahami
Caption Tulisan di bawah foto. Jelas, sesuai dengan foto
Sumber yang dikutip Orang, tokoh, dokumen yang dirujuk. Relevan, membantu kejelasan tulisan
Pengalimatan (fraselogi) Panjang-pendek kalimat, ada-tidaknya anak kalimat. Jelas, mudah dipahami
Kosakata Kata-kata khusus yang dipakai. Jelas, mudah dipahami
Gaya penyampaian Bergaya formal, atau informal  
Tema Gagasan yang ingin disampaikan  
Topik Isu-isu yang disajikan.  

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: