Inmarc’s News

14, Februari, 2008

ANALISA SEMIOTIKA IKLAN FANTA APEL

Filed under: Komunikasi — inmarcomm @ 4:33 am

SINOPSIS IKLAN

Slide 1     :  Papan tulis yang bergambar buah aple yang jatuh dari pohonnyaSlide 2     :  Tiga siswi sedang berdiskusi/belajar disaat jam istirahat dibawah sebuah pohon, salah satu siswi sedang menghapal Teori gaya Gravitasi dari Issac Newton ”Gaya gravitasi menyebabkan benda jatuh kebawah”Slide 3     :  Kemudian siswi satunya lagi bertanya ”apaan sih” tak lama kemudian ketiga sisiwi terkejut karna salah satu siswi kejatuhan buah apel tepat mengenai kepalanya secara reflek mangatakan ” auuwww…” , dan secara serempak tiga siswi berkata ”apel……”Slide 4     :  Seorang siswi mencoba untuk mendorong/menggoyang pohon untuk mendapatkan apel lagi. Slide 5     :  ternyata yang jatuh bukan apel namun yang jatuh sebuah botol bersamaan dengan jatuhnya seorang siswa dari pohon tersebut.  Slide 6     :  Siswi yang mendorong/menggoyang pohon menangkap botol tersebut yang ternyata botol fanta sambi mengatakan ”Fanta Apel…” Slide 7     :  Siswi langsung meminum botol tersebut sambil merasakan kenikmatan fanta apel. Slide 8     :  Secara bersama-sama tiga siswi mendorong/menggoyang pohon kembali.Slide 9     :  Setelah mendorong/menggoyang pohon dua siswa jatuh dari pohon kebawah. Slide 10   :  Ketiga siswa yang jatuh terkejut dan saling berpandangan.Slide 11   :  Lalu dua siswi lain menangkap botol fanta yang jatuh dari pohonSlide 12   :  Ketiga siswa yang jatuh memandang ketiga siswi tertawa-tawa dengan mimik keheranan.Slide 13   :  Sedang tiga siswi yang mendapat botol fanta menggoda tiga siswa tersebut ”Makasih..nih”. Slide 14   :  Kemudian tiga siswa langsung meminum botol fanta milik tiga siswa yang jatuh.Slide 15   :  Akhir dari iklan tiga siswi menggambarkan tulisan New Fanta Apple sambil mengatakan ”Fanta apel…..rasa apel yang menggoda”.   I.1   ANALISA SEMIOTIKA IKLAN MENURUT DERRIDAMakna dalam iklan tersebut adalah :1.       Terkandung unsur idiologi ilmu pengetahuan yang tersirat dalam adegan tersebut ini tersirat dalam adegan tersebut:Ø      Papan tulis tergambar sebuah buah yang jatuh dari pohonnya dan bertuliskan ”GAYA GRAVITASI” (Ilmu Pengetahuan)Ketiga Siswi SMPØ      Siswi belajar di bawah pohon bersama temannya (mempelajari ilmu pengetahuan)Ø      Sebuah benda jatuh dari pohon yang ditangkap oleh seorang siswi ternyata satu botol fanta Seorang siswi (Produk yang diiklankan)Ø      Tiga siswa jatuh dari pohon setelah botol fanta milik para siswa tersebut ditangkap oleh ketiga siswi2.       Unsur ilmu pengetahuan ”Gaya Gravitasi”Ø      Teori Gaya Gravitasi ditemukan oleh Issac Newton à  berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya dimana benda akan tertarik ke bawah karena gaya gravitasi.Ketiga Siswi SMP (belajar) :Ø      Interaksi social :  mempelajari ilmu gravitasi dengan mempraktekan langsung ilmu/teori yang sedang dipelajari.Ø      Makna warna hijau adalah merupakan warna sumber ilmu pengetahuan/ sumber kehidupan  3.       Terkandung unsur idiologi permainan yang tersirat dalam adegan tersebut. Ketiga Siswa (jatuh dari pohon)Ø      Ketiga siswa yang sedang bermain diatas pohon sambil menikmati waktu istirahat.Ø      Ketiga siswa tersebut terkenal dengan keisengannya/ kejahilannya terhadap teman-temannya.Ø      Siswa-siswa cenderung lebih suka bermain dibandingkan siswinya disaat waktu istirahat.4.       Makna iklan tersebut adalah. Ø      Dari sudut marketing, iklan fanta tersebut dianggap sebagai.a.       Minuman para remaja muda (ABG)b.      Minuman cola rasa buah apelc.       Minuman yang menggoda dan menyegarkan.d.      Minuman yang mendunia di kalangan remaja.e.      NEW FANTA APPLE à Minuman dengan rasa buah apel yang baru Ø      Strategi pemasaran sepenuhnya menggunakan unsur dari perilaku, moment dan trend masa kini.5.       Phallogosentrisme dalam iklan. Dari keseluruhan adegan iklan tersebut seluruhnya menggambarkan suasana istirahat di sekolah lanjutan tingkat pertama dengan komposisi pria dan wanita sama;Ø      Seluruh pelaku dalam iklan tersebut adalah siswa SMPØ      Peminat untuk bermain adalah para siswa sedangkan peminat untuk belajar adalah para siswiØ      Buah apel disukai oleh para pelajar baik siswi maupun siswa6.       Phallogosentrisme dalam iklan. Dari keseluruhan adegan iklan tersebut seluruhnya menggambarkan suasana istirahat di sekolah lanjutan tingkat pertama dengan komposisi pria dan wanita sama;Ø      Seluruh pelaku dalam iklan tersebut adalah siswa SMPØ      Peminat untuk bermain adalah para siswa sedangkan peminat untuk belajar adalah para siswiØ      Buah apel disukai oleh para pelajar baik siswi maupun siswa I.2   ANALISA SEMIOTIKA IKLAN MENURUT BAUDRILLARDMakna dalam iklan tersebut menurut Baudrillard adalah :1.       Tema iklan Fanta ini adalah temukan rasa baru di Fanta rasa apel:Ø      Dari visual iklan nampak  pesan yang akan disampaikan adalah teori gaya gravitasi telah menjadi inspirator serta sebagai praktik/pembuktian  dalam mempelajari teori gravitasi yang sedang dipelajari oleh tiga siswi sehingga lebih dimengerti).Ø      Kesan yang dibangun seolah olah fanta apel yang jatuh dari pohon adalah sebuah representasi dari sebuah buah apel .Ø      Hubungan antara ilmu pengetahuan dengan sebuah produk minuman sebelumnya tidak ada, akibat gencarnya kampanye iklan yang gencar maka lambat laun tercipta suatu asosiasi diantar keduanya.Ø      Pada tahap selanjutnya produk minuman ini benar-benar dipercaya sebagai representasi dari ilmu pengetahuan (teori gaya gravitasi).Ø      Fenomena ini menunjukkan bahwa makna dari ilmu pengatahuan dan produk minuman tersebut sebelumnya tidak ada, namun bisa saja diciptakan hubungan bagi  ilmu pengetahuan dan produk minuman yang kemudian dipercaya sehingga tidak hanya berakar  dalam realitas sosial yang sebenarnya. 2.       Menurut Baudrillard, pada suatu itu telah tercipta :Ø      Realitas sosial yaitu ruang pemaknaan dimana tanda-tanda saling terkait tanpa harus memiliki tautan yang logis..Ø      Iklan tersebut merupakan simulasi yang tercermin dalam citra-citraan yang kemudian membentuk realitas sosial atu hiper-realitas.Ø      Dari tiga kata kuni : Realitas, representasi, dan simulasi, maka ada dua perspektif teoritis yang bisa dikemukan dalam menganalisi iklan ini : Iklan ini muncul dengan menampilkan simulasi sosial, Namun dalam prosesnya, iklan tersebut tidak semata-mata merepresntasikan realitas, tapi juga memberi perspektif baru dan menonjolkan segi tertentu dari realitas yang diangkat à Siswa-siswi SMP, Ilmu Pengetahuan, buah Apel, Fanta baru rasa apel. Ø      Iklan menjadi salah satu mesin pencipta dunia hiper-realitas yang terdiri dari citra-citra yang saling mengkait, sehingga menjebak khalayak hidup dalam realitas semu (Baudrillard).Ø      Dalam iklan ini produk minuman (New Fanta Apel) dicitrakan sebagai representasi dari buah apel.Ø      Inilah yang kemudian dikenal sebagai era simulasi, dimana kemajuan teknologi informasi, media massa dan komputerisasi telah melahirkan efek citra, simulacra dan belantara tanda yang mengantar khalayak hanyut terjebak dalam dunia impian yang semu.Ø      Eksistensi ilmu pengetahuan pada iklan ini menjadi faktor dominan dalam proses penyampaian pesan-pesan iklan, Buah apel di eksploitasi sebagai nilai jual utama dari produk yang ditawarkan.Ø      Kenyataan ini menunjukkan visi ideologis pada iklan tersebut kurang menguntungkan bagi proses transformasi sosial à kemurnian rasa buah apel     
I.3   ANALISA SEMIOTIKA IKLAN MENURUT UMBERTO ECOMakna dalam iklan tersebut menurut Emberto Eco adalah  semiotika adalah teori dusta :1.       Tanda (sign) semata alat untuk berdusta, maka setiap tanda selalu mengandung muatan dusta. Karena itu makna pun (meaning) adalah dusta, si pengguna tanda adalah pendusta dan setiap proses pertandaan adalah kedustaan namuun bukan berarti tidak ada kebenaran walaupun secuil :Ø      ”Tanda” hanya mewakili sesuatu yang lain (hanya memiliki arti seperti tercantum dalam kamus), namun juga mesti ditafsirkan.Ø      ”Kode” Minat utama eco dalam bahasa tersusun atas : Tata bahasa dan laku bahasa.Ø      ”Kode – S” mengaitkan ungkapan bahasa dengan isinya tanpa kode, tanda-tanda suara atau grafis tidak memiliki arti apapun yang bersifat : Denotatif dan konotatif. 2.       Tanda AIR dalam iklan New Fanta Apel :Ø      Merupakan substansi yang penting bagi kehidupan umat manusiaØ      Merupakan elemen dari suatu ekosistem kehidupan.Ø      Menurut kepercayaan negara cina air merupakan kemakmuran dan kesuksesanØ      Air mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan, menyerap, menstimulasi, merefleksikan, mengaktifkan, mengkonsumsi,  dan juga menenggelamkanØ      Merupakan simbol kepercayaan yang disucikanØ      Sumber energi karena air merupakan kebutuhan segala halØ      Sebagian besar tubuh manusia terkandung air. 3.       Tanda Warna Hijau dalam iklan New Fanta Apel :Ø      Merupakan warna kehidupan yang bernuansa freshØ      Mengandung makna usia muda (Remaja)Ø      Merupakan simbol oksigen dan bertindak keatas organ jantung dan paru-paruØ      Air mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan, menyerap, menstimulasi, merefleksikan, mengaktifkan, mengkonsumsi,  dan juga menenggelamkanØ      Merupakan simbol kepercayaan yang disucikanØ      Sumber energi karena air merupakan kebutuhan segala halØ      Sebagian besar tubuh manusia terkandung air. 4.       Tanda  Apel dalam iklan New Fanta Apel :Ø      Mempunyai makna Cinta kasihØ      Merupakan lambang kesehatan bagi tubuhØ      Merupakan simbol dari sebuah  5.       Tanda  dalam Warna biru di LOGO dalam iklan New Fanta Apel :Ø      Melambangkan kreatifitas  Ø      Warna yang terang dan riang yang melambangkan  keceriaan yang sering dikaitkan dengan keceriaan dan kesehatanØ      Mempunyai arti warna yang penuh dengan inovasi

2 Komentar »

  1. hhmmmm… mantab…

    Komentar oleh cpod — 19, Juni, 2009 @ 2:45 am | Balas

  2. Terima kasih atas informasinya^^ Saya sangat terbantu sekali, karena iklan ini keluar dalam tugas harian kuliah design saya.Sekali lagi terima kasih innmarcom!

    Komentar oleh nisa — 5, September, 2009 @ 8:28 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: